Sebab Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Perih

http://alfredoelectroboy.files.wordpress.com/2011/06/instomoistatasimatamerah.jpg?w=250

Bagi anda yang setiap hari harus bekerja dengan komputer dan berhadapan dengan monitor setiap hari, maka anda patut mewaspadai segala resikonya. Mengantuk, badan pegal, lemas, itu masih reaksi yang wajar. Namun, hati-hatilah jika mata anda sampai menjadi perih.

Frekuensi bekerja yang tinggi di depan monitor memang dapat menyebabkan mata anda lelah. Bayangkan, sekitar selama 9 jam anda terus melihat monitor, Tentunya mata pun kan perih. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan.

Perhatikan pencahayaan anda dalam ruangan anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata, Sebab mata anda akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus, yaitu cahaya dari lampu dan layar monitor.

Untuk menanggulangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Gunakanlah filter yang bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor, tetapi juga mampu mengurangi pengaruh radiasi.

Periksa apakah monitor anda masih bekerja dengan baik. Jika gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip, atau tidak nyaman bagi mata anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Gunakanlah monitor yang rendah radiasi, seperti LCD.

Aturlah komposisi warna pada monitor anda. Redupkanlah brightness,  kontras, maupun warna menjadi hanya kira-kira sepertiganya saja. Warna yang tidak terlampau terang dapat membantu mata agar tidak perlu bekerja terlalu keras.

Jika anda harus bekerja sambil membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Tujuannya adalah agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan antara membaca kertas kerja dan melihat monitor anda.

Aturlah jarak antara layar monitor dengan mata anda sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata. Selain tidak melelahkan mata anda, posisi ini juga dapat menjaga bahu dan leher anda cukup nyaman ketika bekerja.

Bila anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran font huruf yang anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata anda untuk membaca huruf yang kecil pada monitor.

Istirahatkanlah mata anda kira-kira sepuluh menit setiap dua jam berada di depan monitor. Sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan nyaman.

SURAT PEMBACA

TIAP hari rasanya mata saya perih dan ngantuk, ini sudah berjalan 6 bulan. Dan kadang-kadang keluar air mata juga. Padahal, saya tidur sudah mencukupi jam tidur selama 8 jam. Apakah mata saya bermasalah?
Mata saya memang ada minus nya, apakah ini ada pengaruhnya? – (Lidyawaty)

Sepertinya gejala ini disebabkan oleh keletihan matamu yang dipaksa untuk melihat atau membaca jarak jauh, tanpa bantuan kacamata dengan ukuran yang tepat. Anda perlu memakai kacamata dengan minus yang tepat saat membaca atau melihat jauh.   Sebaiknya segeralah periksakan mata ke optik atau dokter terdekat, untuk mengukur keakuratan minus (dan mungkin ’silinder’) mu.

Dibawah ini dijelaskan lebih mendetail mengenai mata minus dan silinder.

Mata minus / myopia / short sighted eye adalah : keadaan pada mata dimana cahaya/benda yang jauh letaknya jatuh/difokuskan didepan retina/selaput jala/bintik kuning.

Untuk supaya objek/benda jauh tersebut bisa terlihat jelas/jatuh tepat di bintik kuning(retina) diperlukan kaca minus dengan ukuran yang tepat.

Penyebab terjadinya  mata minus adalah ( secara anatomi ) :
– Bola mata terlalu panjang ukurannya ( lebih dari 19 – 20 mm)
– Atau disebabkan kekurang mampuan mata tsb untuk berakomodasi pada saat harus memperjelas lihat benda / objek pada jarak jauh / tertentu.

Penyebab mata minus lainnya :
-Faktor keturunan
-Faktor kebiasaan
• Terlalu banyak baca atau melakukan aktifitas jarak dekat yang terlalu banyak (contohnya  menggambar, menulis, dan lain lain).
• Pencahayaan yang ekstra kuat dan lama (computer , TV , game ). Cahaya putih pagi hari (day-light sources) jauh lebih baik / kurang melelahkan dari pada cahaya kuning,merah,biru,hijau.
• Kurangnya aktifitas jarak jauh terutama sport  atau aktifitas fisik diluar rumah.
Mengapa aktifitas diluar rumah baik untuk kesehatan mata? Karena:
-diluar rumah mata tidak harus berakomodasi terus-terusan terlalu kuat,(karena lebih sering melihat jarak jauh).

-diluar rumah banyak Warna alam seperti hijau ( tanam-tanaman ),biru (langit yang cerah ),sehingga baik untuk pengihatan tatanan warna (merah,kuning,biru,hijau ) dan tatanan penglihatan 3 – dimensi (stereoscopi).

-Faktor fisik / bergerak  memperbaiki sirkulasi darah, kerja jantung dan paru-paru,serta otot-otot seluruh tubuh. Ini penting untuk pemberian oksigen dan elemen yang cukup untuk jaringan mata. Pada anak
yang gizi rendah / keadaan umum kurang baik : missal alergi , sulit makan / tidak suka sayur / buah, biasanya didapatkan kelompok mata minus karena kekurangan mineral (zink ; selenium ; pre-cursor vit A
dan D).

-Dengan dilakukannya aktifitas fisik, tubuh berusaha untuk mengeluarkan hasil-hasil racun tubuh (free radical)melalui keringat dan produksi cairan mata untuk melumasi kornea dan bagian teratas jaringan mata.  Itu sebabnya olah raga renang sangat disarankan pada semua golongan usia karena air melembabkan mata.

Mata silinder/Astigmatic-eye :
Adalah keadaan mata dimana kelengkungan kornea/lensa tidak sama di meridian horizontal atau/dan di meridian vertical.

Sangat mudah bila diperumpamakan seperti bentuk bola rugby / lonjong yaitu mata silinder, sedang mata minus seperti bentuk bola kaki / soccer / bulat.

Mata silinder sulit memfokuskan objek sehingga seperti melihat ada bayangan pada objek tsb,atau melihat objek mirip tapi tak sama:
Seperti huruf : O , C , D , G.
Seperti angka : 3 , 8 , 6 , 0.

Penyebab mata silinder :

1. Keturunan / genetik : Terutama pada silinder-silinder besar (diatas 1,5 diopter)
2. Extra Pencahayaan : (TV,Computer) dan arah cahaya masuk kejaringan mata
3. Penyakit mata tertentu misal:

  • Keratoconus / cornea bentuk kerucut

• Ptosis / kelopak mata yang menggantung / sulit membuka kelopak mata atas

  • Bisul di kelopak mata

• Pasca operasi

  • Pasca trauma / kecelakaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: