Beberapa Tips Jantung Sehat

Banyak yang bertanya-tanya, dan tidak percaya, saat mendapat kabar bahwa anggota DPR Adjie Massaid meninggal karena serangan jantung beberapa waktu lalu. Pasalnya, Adjie dikenal sebagai orang yang giat berolah raga. Terlepas dari panggilan takdir, olah raga bukanlah satu-satunya faktor penyebab penyakit jantung.
.
American Heart Association (AHA) melakukan survei terhadap 18.000 remaja dan membuat tujuh kriteria dalam hidup sehat.
Sebanyak tiga puluh lima persen mengaku sudah cukup sehat. Namun studi menyatakan hal yang berbeda. Hanya satu persen yang memenuhi tujuh kriteria AHA.
.
1. Tidak merokok, atau setidaknya sudah berhenti merokok selama setahun. Rokok adalah penyebab kematian paling tinggi di banyak negara.
2. Menjaga berat badan, karena hal ini berhubungan langsung dengan kolesterol dan tentu saja penyakit jantung.
3. Latihan dan olah raga. Dengan berolah raga secara teratur, tekanan darah akan berkurang dan meningkatkan sensitivitas insulin yang mengontrol gula darah.  AHA mengungkapkan bahwa tubuh kita setidaknya harus berolah raga selama 150 menit per minggu atau paling sedikit 75 menit per minggu.
4. Makan makanan bergizi. AHA menyebutkan bahwa setidaknya manusia harus memakan sebanyak 4,5 cangkir jus buah dan sayuran, atau bisa juga digantikan dengan 3 ons gandum per hari. Lalu, menyajikan ikan sebagai lauk juga menjadi pertimbangan makanan yang sehat. Sodium (natrium) merupakan zat yang harus menjadi pertimbangan, karena tubuh manusia sebaiknya hanya mencerna 1.500 miligram sodium per hari. Dengan menjaga sodium yang masuk ke dalam tubuh, kembali tekanan darah akan berkurang.
5. Memerhatikan tekanan darah.
6. Mengontrol tingkat kolesterol dalam darah.
7. Mengontrol glukosa dalam darah.
.
AHA mengatakan bahwa tekanan darah harus dijaga agar berada di bawah 120/80 mm. Hal ini sama dengan kolesterol yang seharusnya kita jaga berada di bawah 200 miligram per desiliter darah. Begitu juga dengan gula darah yang seharusnya kita perhatikan untuk terus berada di bawah 100 miligram per desiliter darah. Studi terkini menyebutkan, manusia yang menjaga ketiga hal tersebut mengurangi risiko kematian dari penyakit kardiovaskular sebanyak 70 persen sampai 85 persen.

Selain tujuh hal di atas, menjaga kesehatan jiwa dan pikiran juga bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Menurut studi  yang dilakukan oleh para dokter klinik di Amerika Serikat, orang yang depresi dan memiliki penyakit jantung risiko kematiannya menjadi dua kali lipat jika dibandingkan dengan teman seumuran yang mengikuti pola hidup sehat. Penelitian ini mengungkapkan bahwa sekitar 20 persen dari 17 juta masyarakat Amerika Serikat yang memiliki penyakit jantung ternyata juga mengalami depresi yang cukup berat.

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2010/10/29/857/77006028.jpg

MAKANAN DIANJURKAN

Tidak ada yang lebih penting dari menjaga agar jantung tetap sehat. Berolahraga, tidak merokok dan tentunya mengontrol makanan merupakan beberapa hal yang
direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi secara rutin jelas dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Berikut makanan-makanan yang penting untuk dikonsumsi demi jantung sehat, seperti yang dikutip dari about.com.

Ikan Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik untuk mengurangi risiko peradangan dan menekan pembekuan darah. Biasakan untuk makan ikan salmon, tuna atau sarden minimal dua kali per minggu. Untuk jantung yang sehat, cobalah steak salmon dengan salad dengan dressing air lemon.

Minyak zaitun
Mulai sekarang cobalah untuk mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL Anda.

Oats
Oats mengandung serat larut yang disebut beta glucan dan ini membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Selain itu, beta glucan juga membantu menjaga sistem pencernaan. Tambahkan madu, susu rendah lemak dan potongan stroberi untuk agar jauh lebih nikmat.

Kacang almond
Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung minyak sehat, vitamin E dan zat lain yang akan membantu menjaga kadar kolesterol. Almond juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak serat. Jadikan almond atau kacang hijau sebagai cemilan saat menonton televisi.

Tomat
Tomat yang mengandung vitamin dan likopen telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Tambahkan irisan tebal tomat pada sandwich atau pasta gandum Anda. Bahkan, saus tomat dan tomat kalengan yang biasa dibeli di toko mengandung kadar lycopene dua kali lebih banyak dari tomat biasa.

Kedelai
Protein pada kedelai telah terbukti untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti daging merah, yang banyak mengandung lemak jenuh.

ALPUKAT

Alpukat merupakan buah yang sangat enak, yang dapat dijadikan makanan ataupun minuman. Namun, tidak sedikit orang yang menghindarinya dengan alasan membuat gemuk. Padahal jika dimakan secara teratur buah yang memiliki bentuk sexy ini ternyata mampu mencegah penyakit jantung!

Buah yang memiliki nama asing advocat atau avocado pear ini, mempunyai tekstur dan rasa yang lembut dan gurih. Dibalik rasanya yang enak, ternyata buah bekulit hijau ini memiliki nutrisi penting yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Seperti yang diulas bolohealth, tidak hanya buah alpukat saja yang baik untuk jantung. Tetapi, makan telur dalam jumlah yang disarankan juga memberikan dampak baik untuk menjaga serta melindungi kesehatan jantung anda.

Kini, tidak ada lagi alasan untuk menghindari buah alpukat karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi. Karena lemak yang ada dalam buah ini terbilang baik dan memiliki kandungan  monounsaturated yang dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan menaikan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh.

Alpukat memang memiliki lemak tinggi 71 – 88 %  atau sekitar 20 kali lebih besar dari buah lain. Namun, lemak ini mengandung monounsaturated fatty acids atau lemak tak jenuh tunggal. Fakta menyebutkan, lemak monounsaturated di dalam makanan dapat menurunkan kadar triglyceride atau lemak darah yang dikenal dengan kolestrol jahat.

Menurut Early Show co-anchor Harry Smith dan disetujui pula oleh CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, bahwa makan alpukat secara teratur dapat meningkatkan kadar HDLdan menurunkan kadar LDL pada tubuh yang merupakan sumber lemak baik.

Selain itu menurut CBS News Medical Correspondent Dr Jennifer Ashton, telur juga ternyata baik untuk mereka yang terkena masalah kesehatan jantung. Telur memang memiliki jumlah kolestrol yang tinggi, namun jika makan telur dengan jumlah teratur atau tidak berlebihan, masih terbilang aman.

Sebab dalam satu butir telur memberikan 215mg, sedangkan tubuh memerlukan 300 mg kadar kolestrol baik, yang diperlukan tubuh. Karenanya, jika jumlah kolestrol dalam tubuh masih normal, masih bisa makan sebutir telur per hari.

Karena itu, cermatlah dalam memilih makanan. Usahakan pilih makanan sehat yang dapat mengurangi dan menetralisir lemak jahat dalam tubuh. Bisa mencobanya dengan makan buah alpukat dalam takaran yang terkontrol dan pastikan untuk makan buah alpukat tanpa tambahan gula atupun susu.

PERLU DI PERHATIKAN

Menurut para pakar kesehatan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk kamu yang punya resiko tinggi penyakit jantung ini dia antara lainnya :

1.  Kadar kolesterol harus selalu dibawah 200 mg%

2.  Kadar LDL  usahakan selalu kurang dari 150 mg%

3.  Kadar trigliserida usahakan kurang dari 200 mg %

4.  Kadar HDL usahakan selalu diatas  50 mg%

5.  Kadar gula puasa kurang dari 120 mg %

6.  Kadar gula postprandial 2 jam (sesudah makan ) tidak melebihi  160 mg%

7.  Tekanan darah sebaiknya tidak melebihi 140 mmHg untuk sistole   dan tidak melebihi 90 mmHg untuk diastole.

8.  Jangan merokok atau dalam lingkungan asap rokok.

9.  Dapat mengendalikan stress dengan baik (stress positif).

10.Olah raga teratur, bertahap dan terukur. ( sebaiknya jenis Aerobik mis.senam pernapasan ,olah raga permainan ,dsb).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: