4 Makanan yang Mengatasi Kembung

Paling tak enak bila perut terasa kembung, entah karena Anda baru makan makanan pedas, atau minum kopi pada perut belum terisi. Selain rasa tak enak yang diciptakan, perut Anda jadi membuncit.

Selain itu, menurut Timothy S. Harlan, MD, direktur medis di School of Medicine, Tulane University, cara terbaik untuk mencegah perut kembung adalah menghindari minuman bersoda, alkohol, dan makanan berlemak yang asin dan berminyak. Jenis makanan dan minuman ini bisa memperlambat lambung dan usus dari pengosongan.

Jika Anda akan menghadapi suatu perayaan dimana Anda akan mendapat beragam sajian makanan, Anda juga bisa melakukan langkah proaktif dengan mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membuat perut Anda ringan. Berikut beberapa rekomendasi Harlan.

1. Pepaya
Enzim dalam pepaya mampu membantu memperbaiki pencernaan, demikian menurut sebuah penelitian. Campurkan pepaya yang sudah dipotong-potong dengan yogurt tawar untuk sarapan. Jika Anda berniat membuat semacam dessert, buat puding atau panna cotta (dessert Italia yang berupa krim yang dimasak) dengan saus berupa puree pepaya di atasnya.

2. Oatmeal
Menurut Harlan, dalam beberapa studi meta-analisa terakhir mengenai pencernaan, para peneliti mendapati bahwa dedak gandum sangat bermanfaat. Sarapan oatmeal sangat disarankan. Oatmeal juga bisa dicampurkan pada adonan untuk membuat kulit luar pai, sedangkan dedak gandum bisa dicampurkan pada susu yang Anda minum setiap hari.

3. Yogurt
Yogurt memang baik, tapi pastikan Anda membeli yogurt dengan bakteri yang masih aktif. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang yang akan membantu Anda mencerna dengan lebih efisien, dan mencegah perut jadi kembung. Harlan menyarankan untuk memilih yogurt tawar organik (yang bisa dipastikan memiliki bakteri aktif), dan menghindari dari jenis yogurt yang berisi buah pada bagian dasarnya. Jika Anda membutuhkan rasa manis, campurkan sedikit selai strawberry.

4. Asparagus
“Ada beberapa data baru yang menarik tentang asparagus, yaitu yang mengindikasikan bahwa asparagus memiliki beberapa manfaat probiotik,” ujar Harlan. Dengan manfaat ini, asparagus bisa meringankan gas yang ada dalam perut. Selain itu, karena kandungan diuretiknya, Anda bisa mengeluarkan kelebihan air dari dalam tubuh yang menyebabkan kembung. Jadikan asparagus sebagai bahan sup ala restoran Cina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: