Agar Tubuh Kebal dari Virus Flu

Selama ini mungkin Anda mengetahui kalau fungsi vitamin D hanya untuk kesehatan tulang saja. Padahal sebenarnya, vitamin D juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan mengatasi flu.

Penelitian yang terdapat pada Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa seseorang yang kadar vitamin D dalam tubuhnya rendah sangat mudah terkena infeksi pernafasan termasuk flu. Hal itu karena vitamin juga memegang peranan penting pada sistem kekebalan tubuh.

Jadi, seseorang yang kebutuhan vitamin D nya cukup terpenuhi, tidak mudah terserang flu. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang kebutuhan vitamin D nya tidak tercukupi, akan sangat mudah terkena flu.

“Banyak dari kita yang kurang memperhatikan konsumsi vitamin D. Kebutuhan vitamin D orang dewasa yaitu 1.000 hingga 2.000 IU (international units) per hari,” kata John Pan, MD, kepala Pusat Pengobatan Integratif di George Washington University Medical Center seperti vivanews kutip dari Womansday, Senin 2 November 2009.

Sebenarnya kita bisa mendapatkan vitamin D dengan mudah secara alami. Tubuh akan memproduksi vitamin D saat kulit terkena sinar matahari. Tetapi hal itu sangat tergantung dari kebiasaan Anda menjemur diri saat pagi hari.

Anda juga bisa mengonsumsi produk susu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D jika tidak sempat berjemur. Mengonsumsi suplemen vitamin D juga bisa dijadikan alternatif jika Anda tidak menyukai produk susu. Nah, jika gejala flu mulai Anda rasakan, berjemurlah pada pagi hari sekitar 10 hingga 15 menit. Cara tersebut bisa membuat flu cepat teratasi.

Sumber Bakteri dan Virus di Sekitar Anda

Tanpa disadari, setiap hari Anda bisa kontak langsung dengan bakteri dan virus, yang bisa membahayakan kesehatan. Barang-barang di sekitar kita, meskipun terlihat bersih, bisa jadi merupakan pusat virus dan bakteri. Untuk itu, ketahui barang-barang yang merupakan pusat bakteri agar Anda selalu teratur membersihkannya.

– Dashboard mobil
Perhatikan dashboard mobil Anda, apakah tampak berdebu atau bersih. Meskipun terlihat bersih, tetapi jutaan bakteri berkembang biak pada tempat tersebut. Suhu mobil yang lembab dan tertutup, membuat virus dan bakteri berkembang biak dengan mudah. Bersihkan interior mobil secara teratur. Sebelum menggunakan mobil pastikan interior dalam keadaan bersih.

– Meja kerja
Bakteri pada meja kerja 400 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan bakteri di toilet. Belum lagi bakteri yang ada di sela-sela keyboard komputer. Jika tidak dibersihkan secara teratur bakteri dan virus di sekitar meja kerja, bisa terhirup dengan mudah melalui hidung. Batuk dan pilek selama berhari-hari dengan disertai deman pun bisa sering Anda alami.

– Gagang pintu
Gagang pintu rumah atau ruangan dalam kantor setiap hari dipegang oleh orang yang berbeda-beda. Virus dan bakteri pun bisa dengan mudah berpindah dari tangan ke gagang pintu, lalu ke tangan orang lain. Jadi usahakan setelah memegang gagang pintu Anda segera mencuci tangan dengan sabun.

– Tombol ATM
Ratusan orang menggunakan ATM setiap harinya. Berbagai virus dan bakteri bisa dengan mudah berpindah tangan melalui tombol-tombol pada ATM. Akan lebih baik jika Anda membersihkan tombol ATM dengan tisu basah yang mengandung alkohol sebelum menggunakannya. Atau jika tidak ada segera cuci tangan setelah menggunakan ATM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: