Cara Buruk Turunkan Berat Badan

Diet

Mengurangi berat badan dan menjaganya tetap stabil merupakan perjuangan tiada akhir. Itu sebabnya, banyak wanita selalu berusaha menjaga diet dalam waktu lama demi menjaga bobot tubuh ideal.

Cara terbaik dan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan tetap mengonsumsi makanan sehat, dan berolah raga secara rutin. Sayangnya, banyak wanita yang ingin mendapatkan tubuh langsing secara instan. Padahal, tidak semua diet itu aman dijalani. Ada beberapa pola diet yang dianggap cespleng, justru menyimpan risiko bagi yang menjalaninya.

Karena itu, agar bisa mendapatkan tubuh langsing sehat, hindari cara buruk menurunkan berat badan berikut ini, seperti yang dikutip dari Modernmom.

Merokok
Merokok dianggap sebagai aktivitas yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori tubuh mudah terbakar. Merokok memang bisa membuat tahan lapar. Tapi, jika niat Anda merokok untuk menurunkan berat badan, ini adalah ide yang sangat buruk.

Rokok merupakan zat adiktif yang membuat Anda sulit berhenti menghisapnya, bahkan setelah Anda telah berhasil menurunkan berat badan. Risiko kesehatan yang diakibatkan rokok jauh lebih besar daripada manfaat penurunan berat badan.

Menurut Smokefree.gov, peningkatan laju metabolisme Anda dari rokok sebenarnya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Diet menghiraukan rasa lapar
Melewatkan jadwal makan akan mengakibatkan tubuh Anda kekurangan kalori yang seharusnya dibutuhkan. Anda tidak hanya kehilangan kalori yang sangat penting bagi tubuh, tapi juga nutrisi dan vitamin. Hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Bila tubuh tidak mendapatkan cukup kalori, metabolisme akan melambat untuk menebus kekurangan energi tubuh. Demikian seperti yang dilaporkan MayoClinic.com.

Diet jus buah
Tidak mengkonsumsi apa-apa kecuali hanya minum jus buah mungkin terdengar efektif untuk diet, tapi ada risikonya terhadap kesehatan. Diet semacam ini bertentangan dengan prinsip gizi seimbang. Jika terus dijalankan dalam waktu relatif lama, diet cara ini akan membahayakan kesehatan.

Berat badan memang bisa akan turun, namun karena kekurangan nutrisi dari bahan makanan lainnya, kemungkinan besar Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit.

5 Salah Kaprah Soal Diet

Menurunkan berat badan memang butuh perjuangan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa sembarang mengikuti anggapan-anggapan soal diet yang beredar di sekitar Anda.

Langkah terbaik yang perlu dilakukan sebelum menjalani program diet adalah berkonsultasi dengan ahli gizi agar Anda bisa mempraktekkan metode penurunan berat badan yang sehat.

Tapi sebelumnya, agar tidak salah kaprah, Anda perlu mengetahui fakta dari mitos-mitos tersebut, seperti dikutip dari methodsofhealing.

1. Mitos: Konsumsi suplemen diet bisa bikin berat badan turun lebih cepat
Fakta: Tidak benar. Mengonsumsi suplemen memang tidak dilarang. Tapi, pada kenyataannya, diet dengan cara semacam ini tidak sehat. Lagipula, Anda juga tidak boleh mengonsumsi suplemen tanpa anjuran dokter.

2. Mitos: Perlu punya peralatan olahraga atau bergabung ke gym agar cepat langsing.
Fakta: Anda memang butuh olahraga. Tapi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlampau mahal untuk itu. Sebab, jalan cepat rutin setiap hari pun bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Mitos: Kopi menekan nafsu makan.
Fakta: Ini benar, tapi sekali lagi, tidak ada yang bisa menggantikan makanan padat dalam tubuh Anda. Jangan menggunakan kopi sebagai pengganti untuk makanan sehat saat Anda lapar.

4. Mitos: Hanya minum banyak air.
Fakta: Banyak menyimpan air dalam tubuh, memang akan membantu Anda menahan dahaga. Tapi, ini bukan alasan anda untuk tidak mengonsumsi makanan padat. Dan perlu diingat, Anda hanya perlu minum air sebanyak yang tubuh Anda butuhkan (sekitar 8 liter sehari), tidak lebih dan tidak kurang.

5. Mitos: Kelaparan merupakan kunci keberhasilan.
Fakta: Ini juga tidak benar dan justru berlawanan dengan keinginan untuk hidup sehat. Jika lapar, sebaiknya jangan didiamkan. membiarkan diri Anda lapar ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, sebenarnya justru merugikan diet Anda. Tak masalah makan tiga kali sehari, tapi cobalah konsumsi makanan dalam porsi kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: