Konsumsi Daging Berlebih Picu Kanker

Anak perempuan dengan pola makan daging yang tinggi berisiko terkena kanker payudara dan penyakit jantung saat dewasa. Konsumsi daging berlebih memicu pubertas lebih awal mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Penelitian yang dilakukan di University of Brighton di East Sussex, menemukan 49 persen perempuan makan lebih dari 12 porsi daging seminggu pada usia tujuh tahun. Hanya 35 persen dari gadis-gadis yang makan kurang dari empat porsi seminggu.

Dan anak-anak berumur tiga tahun yang makan lebih dari delapan bagian daging seminggu juga cenderung mengalami pubertas dini. Kondisi ini membuat mereka rentan terserang sejumlah penyakit seperti kanker payudara, kanker ovarium dan penyakit jantung.

Penulis studi Dr Imogen Rogers yang merupakan seorang dosen senior di sebuah universitas farmasi memperingatkan orang tua untuk memotong daging dari menu harian anak. “Bukan berarti harus dihilangkan sama sekali karena daging merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi penting termasuk zat besi dan seng,” katanya.

Penelitian yang didanai World Cancer Research Fund dan diterbitkan dalam jurnal Gizi Kesehatan Masyarakat ini menunjukkan bahwa pubertas dini membuat wanita memiliki kadar estrogen berlebih selama hidup. Kondisi inilah yang kemudian memicu pertumbuhan sel kanker.

Selain pola makan, penggunaan kosmetik dan produk perawatan tubuh juga memengaruhi kualitas kesehatan anak di kemudian hari. Konsentrasi tinggi ftalat dan phytoestrogen yang banyak digunakan dalam produk kecantikan merupakan penyebab lain terjadinya pubertas dini yang dapat memicu kanker

Daging Barbeque

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: