Mata kamu pernah melihat objek-objek aneh melayang…? Berikut penjelasan ilmiahnya..

Mata kamu pernah melihat objek-objek aneh melayang…?
Berikut penjelasan ilmiahnya..

Bagi siapa saja yang belum pernah merasakan fenomena ini, “eye floaters” merupakan objek-objek berbentuk aneh yang muncul di pandangan kita, terkadang muncul ketika melihat yang cerah-cerah seperti langit biru. Bentuk objek yang dilihat pun berbubah-ubah, terkadang berwujud titik, terkadang berbentuk berserabut dan panjang.

Ini bukanlah ilusi optikal, Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya vitreous yang keluar dari tempatnya semula dan kemudian bergerak-gerak di sekitar bola mata kita.

Vitreous adalah media seperti agar-agar bening yang mengisi bagian dalam bola mata mulai dari belakang lensa mata sampai ke retina, berfungsi untuk mempertahankan bentuk mata kita. Gel alias agaragar pada mata ini terdiri atas 99% air dan 1% elemen lainnya, seperti jaringan asam hyaluronic dan kolagen. Asam hyaluronic berfungsi untuk mempertahankan molekul air. Terkadang, jaringan ini mengekuarkan asam hyaluronic yang kemudian asam ini “menangkap” molekul air. Ketika ini terjadi, akan membentuk inti yang berair di vitreous body.

Kemudian, bagian dari jaringan asam hyaluronic dan kolagen akan terlepas dari tempat yang seharusnya dan mengapung di tengah mata. Dan ketika cahaya melewati area ini, maka akan membentuk bayangan di retina kita. Bayangan inilah yang kita lihat pada saat ini terjadi.

Anak-anak dan remaja hampir tidak pernah mengalami “eye floater yang disebabkan oleh jaringan asam hyaluronic seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada mereka biasanya muncul seperti jaring-jaring kristal pada mata mereka. Jenis “eye floater” ini tidak terjadi pada vitreous humor. Hal ini terjadi pada area Premacular Bursa, di depan retina.

Floater jenis ini nampak sangat kecil ukurannya, dan hanya muncul membesar jika mendekat ke retina. Sayangnya, floater jenis ini susah bahkan tidak mungkin untuk diobati.

Pengobatan

Berikut pengobatan yang banyak dilakukan:
Pemecahan dari eye floaters dengan penggunaan dari laser YAG telah dianjurkan oleh beberapa orang, namun tidak ada bukti bahwa ini efektif. Penggunaan laser juga menghadapkan pada risiko-risiko signifikan pada penglihatan dari mata yang jika tidak adalah suatu mata yang sehat. Vitreous sendiri juga dapat diangkat dengan operasi oleh suatu prosedur yang disebut vitrectomy. Ini melibatkan beberapa irisan kedalam mata dan dicadangkan untuk situasi-situasi yang mana ada sejumlah besar dari darah yang tidak menghilang atau puing-puing peradangan didalam mata. Operasi dari yang manapun seharusnya tidak dilaksanakan pada pasien-pasien dengan tipe yang umum dari eye floaters dalam kaitan dengan vitreous syneresis atau posterior vitreous detachment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: