Bersetubuh dengan Alam Sehatkan Jiwa

(dok. Corbis)

Alam menyediakan pengobatan alami yang murah meriah. Berada di alam seperti taman, kebun rumah, atau bahkan hutan membantu menjaga kesehatan mental.

Banyak studi mengungkap, menghabiskan waktu dengan aktivitas di luar ruangan berdampak positif bagi pikiran. Kontak dengan alam membantu merilekskan pikiran yang dipenuhi tekanan dunia modern. Tetapi, berapa banyak waktu yang diperlukan?

Para peneliti mempelajari data pada 1.252 orang dari 10 studi terpisah di Inggris. Mereka menganalisis kegiatan luar seperti berjalan, berkebun, bersepeda, memancing, berperahu, naik kuda dan bertani. Kesimpulannya, aktivitas di alam selama lima menit berdampak paling besar.

“Untuk pertama kali kami mampu menunjukkan efek positif alam terhadap kesehatan mental manusia,” kata peneliti University of Essex, Jules Pretty, seperti dikutip dari laman Live Science.

Secara umum, melakukan aktivitas yang penuh kegembiraan akan membuat manusia lebih cepat pulih dari gangguan kesehatan. Studi terbaru menunjukkan, semua kalangan umur dan pasien dengan penyakit mental mendapat keuntungan dengan kegiatan di luar ruangan, seperti taman di perkotaan.

“Daerah hijau dengan air memberi keuntungan lebih,” Pretty menambahkan. “Kami percaya pengobatan dengan alam hijau bermanfaat bagi individu dan kelompok untuk menyembuhkan diri.” Hasil studi secara rinci dipublikasikan dalam jurnal American Chemical Society Environment Science & Technology.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: