Warna Kuning Membuat Tidur Berkualitas

Warna Kuning Membuat Tidur Berkualitas

Kuning identik dengan warna yang mencolok di mata. Itulah mengapa warna ini banyak digunakan untuk rambu lalu lintas. Lalu, bagaimana kuning bisa membuat tidur lebih berkualitas?

Secara positif, kita bisa mendeskripsikan kuning sebagai warna yang hangat, cerah, dan ceria. Selain memiliki sifat yang sangat menarik perhatian, ia juga mampu meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh.

Bagaimana dengan kekurangannya?

Menurut psikologi warna, kuning bisa memicu amarah dan rasa frustrasi. Hal ini terkait dengan karakter warna ini yang menggugah emosi. Lebih buruk lagi, warna ini sangat cepat membuat mata lelah karena banyak cahaya yang dipantulkan olehnya.

Mewarnai dinding kamar tidur dengan kuning tentu bukan pilihan bijak. Sebab, karakter kuning sangat bertolak belakang dengan fungsi ruangan yang digunakan sebagai tempat beristirahat. Tapi, bukan berarti Anda tak boleh menggunakannya sama sekali. Kalau memang suka dan sreg, mengapa tidak?

Agar penggunaan kuning pada kamar tidur tak justru berefek negatif, pilih rentang warna kuning yang tak terlalu mengganggu kenyamanan mata ketika beristirahat. Langkah mudahnya adalah Anda bisa mengambil contoh dari warna dari lampu yang kekuningan. Sorotan cahaya bernuansa kekuningan justru membuat lebih nyaman dan santai, dibanding lampu berwarna putih. Berangkat dari sana, berarti tidak semua varian warna kuning bisa mengganggu istirahat, bukan?

Nah, supaya lebih nyaman lagi, cari posisi lebih strategis untuk menempatkan benda berwarna kuning. Misalnya pada dinding, kuning bisa dipergunakan untuk mewarnai dinding di belakang tempat tidur. Posisi ini berlawanan dengan arah pandang mata saat berada di tempat tidur. Selebihnya, berikan warna netral, seperti putih atau krem, pada sisi dinding yang terlihat langsung saat kita berada di tempat tidur. Dengan begitu, walau kuning yang mengganggu kenyamanan mata itu dipergunakan sebagai warna dinding kamar tidur, kuning tak akan mengganggu istirahat pengguna ruangan. Tidur yang berkualitas pun dapat diperoleh.

Agar Tidur Berkualitas

Cukup tidur di malam hari penting bagi kesehatan tubuh. Orang dewasa memerlukan minimal 6 sampai dengan 8 jam untuk tidur demi menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Berikut ini beberapa tips agar tidur Anda berkualitas:

  • Kurangi asupan kafein secara keseluruhan, seperti yang terkandung dalam kopi, teh, atau cokelat. Makan malam lebih awal atau minimal dua jam sebelum tidur agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.
  • Hindari bekerja terlalu berat, karena dapat memacu hormon kortisol, yang biasanya meningkat di pagi hari untuk mempersiapkan tubuh melakukan kegiatan. Namun, bila dipicu dengan kegiatan yang memakan energi, hormon ini akan muncul lebih cepat dan Anda pun akan terbangun di tengah malam.
  • Satu jam sebelum tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik, meditasi, yoga, mandi air hangat atau menina-bobokkan buah hati Anda. Hindari pembahasan atau pembicaraan yang memeras otak dengan anak atau suami. Anda dapat membahasnya di pagi hari saat pikiran dan tubuh kembali segar.
  • Baringkan tubuh di tempat yang nyaman, dan sedikit demi sedikit kendurkan setiap bagian tubuh sambil membayangkan tempat yang menyenangkan.
  • Pastikan Anda cukup mengonsumsi magnesium dan kalsium, mineral yang membantu menghilangkan stres dan mencegah depresi. Setiap hari, tubuh memerlukan paling tidak 320 mg magnesium dan 1000 mg kalsium. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya kacang-kacangan, ikan tuna, bayam, oatmeal, pisang, jeruk atau stroberi. Sedangkan kalsium terkandung dalam beberapa sayuran hijau, produk susu, ikan sarden, kacang-kacangan dan tahu.
  • Dan, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar Anda diberikan perlindungan dan kekuatan untuk menghadapi hari esok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: