Delapan Langkah untuk Tidur Berkualitas

Seorang teman (sebut saja namanya Jo), mengeluhkan penderitaan yang dialaminya oleh karena susah tidur. Selama 6 hari berturut-turut ia baru bisa memejamkan mata dan menikmati istirahat yang berkualitas setelah matahari terbit, dan sekitar 1-2 jam kemudian harus bangun karena harus kuliah. Bagi Jo, tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menjaga kebugaran dan kondisi optimal selama menjalankan aktivitas sehari-hari. Begitu pula dengan setiap manusia di muka bumi ini.

National Sleep Foundation menawarkan beberapa saran praktis untuk Anda yang mendambakan tidur yang berkualitas.

1 Miliki waktu tidur dan bangun yang teratur setiap hari, termasuk saat liburan. Tubuh manusia memiliki siklus tidur dan bangun (terjaga) yang diatur oleh jam biologis (circadian clock) di dalam otak dan tubuh memerlukan keseimbangan saat tidur dan bangun. Waktu bangun tidur yang teratur di pagi hari dapat memperkuat fungsi biologis dalam tubuh dan menolong Anda untuk tidur pada saatnya.

2 Relaksasi. Lakukan persiapan untuk relaks menjelang tidur dengan rutin, misalnya berendam di hangat atau dingin, kemudian membaca atau mendengarkan musik. Kebiasaan relaksasi yang dilakukan dengan teratur menjelang tidur dapat membuat waktu tidur Anda menjadi lebih menyenangkan serta menjauhkan dari tekanan atau kegelisahan yang membuat Anda semakin sukar tidur. Beberapa kegiatan yang sebaiknya Anda hindari menjelang waktu tidur adalah: bekerja, membayar tagihan, memainkan games yang bernuansa kompetitif, atau memikirkan penyelesaian masalah keluarga.

3 Ciptakanlah kondisi tempat tidur yang kondusif. Buatlah kondisi kamar tidur yang Anda perlukan untuk dapat beristirahat dengan baik, misalnya dingin (tidak terlalu panas), tenang, gelap, dan nyaman. Pastikan juga kamar tidur Anda bebas dari suara berisik atau gangguan lain, termasuk dengkuran, cahaya yang terlalu terang, atau keadaan yang terlalu kering dan panas. Jika memungkinkan, alat-alat seperti penutup telinga, kipas angin, atau sesuatu yang dapat membuat Anda lebih sejuk dapat digunakan juga.

4 Alas tidur. Gunakan alas tidur, bantal-guling yang tidak terlalu keras dan nyaman. Pastikan Anda memilih alas tidur dan bantal-guling yang aman dan nyaman, serta buatlah ruangan tidur Anda cukup menarik dan mengundang Anda untuk tidur. Namun, pastikan juga semuanya terbebas dari sesuatu yang dapat membuat Anda alergi atau membuat Anda tergelincir dan terjatuh ketika Anda terjaga pada waktu malam.

5 Jangan makan makanan berat 2-3 jam sebelum tidur. Mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur dapat membuat malam hari Anda tidak nyaman. Selain itu, terlalu banyak minum juga akan membuat Anda semakin mudah pergi ke kamar mandi. Namun jika Anda merasa lapar, lebih baik Anda mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Hal itu tentu akan lebih membantu Anda tidur nyenyak.

6 Olahraga dengan teratur, tapi jangan menjelang waktu tidur. Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun, jangan melakukan dengan berlebihan atau menjelang tidur. Selesaikan olahraga atau aktivitas fisik Anda setidaknya tiga jam sebelum tidur.

7 Jangan minum kopi, alkohol, nikotin satu jam sebelum tidur. Kafein atau nikotin adalah stimulant yang dapat membuat Anda susah tidur. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman ringan, dan coklat dapat mengingatkan tubuh Anda untuk terjaga selama 3-5 jam. Pada beberapa orang, efeknya bahkan bisa sampai 12 jam setelah mengonsumsi. Menghindari kafein selama 6-8 jam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Sementara itu, nikotin dapat menyebabkan masalah bangun di waktu pagi, bahkan mimpi buruk. Susah tidur adalah salah satu alasan untuk berhenti merokok. Jangan pernah merokok di tempat tidur atau ketika Anda tidur!

8 Konsultasi kepada pakarnya. Ketika Anda mengalami masalah dalam tidur. Bagi Anda yang mengalami susah tidur atau bahkan insomnia, meski beberapa saran praktis di atas sudah Anda lakukan, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang dapat membuat Anda menikmati manfaat dari tidur yang berkualitas.

Tidur Berkualitas Membuat Emosi Makin Terjaga

TIDUR seringkali disamakan dengan kegiatan seorang pemalas. Padahal, dalam aktivitas tidur, banyak sekali proses-proses yang berguna bagi perkembangan tubuh dan emosi seseorang terjadi. Dengan catatan tidur tersebut berkualitas dan tidak melebihi batas.

Dr, Andreas Prasaja, seorang sleep scientist menjelaskan, pada tahap tidur Rapid Eye Movement (REM) atau tidur mimpi, merupakan tahap tidur saat kemampuan kognitif, mental dan emosional dijaga dan terus dikembangkan.

“Pada saat tidur REM itulah kecedasan, ketelitian, kreativitas dan mood seseorang akan dijaga dan berkembang,” terangnya.

Selain itu, dalam teori psikoanalisa ada yang dinamakan analisa mimpi. Sigmund Frued, seorang tokoh psikoanalisa, menyatakan mimpi sebagai saluran pengaman. Lewat mimpi, emosi-emosi yang tidak bisa disalurkan pada dunia nyata dapat tersalurkan, jelas Andreas.

“Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tentara di Amerika. Ketepatan menembak mereka drop ketika tidur REM mereka kurang,” terang Andreas.

Penelitian tersebut dilakukan pada pajurit muda yang kondisi fisiknya sangat fit. Dalam penelitian tersebut, para prajurit tetap beraktivitas di siang hari seperti biasa. Malam hari, mereka masuk ke laboratorium tidur.

Dari data tersebut ditemukan, kebutuhan tidur orang dewasa sebanyak selama 8 jam. Setelah penelitian selesai, para prajurit terus memelihara kebiasaan tidur tersebut, karena mereka merasa jauh lebih bahagia, produktif dan cerdas

Penelitian lain di Amerika Serikat menunjukkan, mundurnya jam sekolah siswa yang mundur menjadi setengah sembilan, membuat prestasi belajar mereka justru naik demikian juga prestasi olahraga. Jumlah kenakalan remaja juga turun, jelas Andreas. Ini karena waktu istirahat anak lebih banyak.

Lalu bagaimanakah tidur yang baik atau berkualitas itu? Menurut Andreas, tidur yang baik bila memenuhi delapan dengan kualitas yang baik pula. Tidur yang baik atau berkualitas juga ditandai dengan rasa bugar saat bangun tidur. “Bila sepanjang hari tetap segar, maka kualitas tidur orang tersebut sudah baik,” ucap Andreas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: